• L3
cara membuat blog

Tutorial Cara Membuat Blog Gratis

Tutorial Cara Membuat Blog Gratis - Artikel panduan blog yang bertemakan cara bikin blog/website atau bagaimana cara buat blog gratis di blogger/blogspot akan saya uraikan secara lengkap. Namun sebelumnya saya akan memberi sedikit penjelasan kepada Anda mengenai blog gratis. Sebenarnya banyak platforms untuk bikin blog gratis, namun di indonesia dan mungkin di beberapa negara lainnya blogger lah yang paling populer sebagai sarana yang menyajikan layanan blog gratis. Diantara platform blog gratis lainnya adalah wordpress, blog detik, joomla, live jurnal, weebly, blogetery, tumblr, dan maih banyak lagi. Yang menjadi pertanyaannya adalah mengapa blogger yang paling populer? menurut saya, selain blogger merupakan salah satu produk google, blogger sendiri memiliki banyak kelebihan. Diantaranya yaitu berupa kemudahan navigasi didalamnya sehingga blogger pemula dapat secara cepat memahaminya dan memulai untuk blogging.

Cara membuat blog di blogger atau blogspot tidak sulit, karena sudah banyak master yang menjelaskan tutorial membuat blog secara detail. Namun terlepas dari itu, saya juga ingin berkontribusi untuk menjelaskan tutorial blog khususnya blogger menurut apa yang telah saya pahami. Sebelum kita mulai tutorial blogger ini, saya ingin mengingatkan kepada Anda bahwa tetapkanlah niat Anda untuk membuat blog dan tujuan Anda, mau dibawa kemana blog yang nantinyanya Anda buat?. Karena ini merupakan hal yang paling mendasar sebelum Anda bikin blog. Apakah nantinya blog Anda ditujuakan untuk bisnis atau menghasilkan uang, atau mengisinya sebagai limpahan curhatan Anda, atau sebagai tempat sharing ilmu pengetahuan yang Anda miliki.

Jika Anda sudah menetapkan niat dan tujuan Anda membuat blog, berikut saya akan jelaskan tutorial dan cara membuat blog gratis di blogger.

Tutorial Membuat Blog


Sebelumnya syarat utama untuk memulai membuat blog adalah Anda harus memiliki akun email. Apakah itu di Gmail atau Yahoo. Jika Anda belum memiliki akun email silahkan baca tutorialnya pada halaman cara membuat email. Sekarang saya asumsikan Anda sudah memilikinya, untuk itu simak tutorial membuat blog berikut ini.

1. Silahkan masuk ke blogger.com
2. Selanjutnya lihat menu pengaturan bahasa di sudut kanan bawah. Saran saya, gunakan bahasa indonesia saja agar lebih mudah.

cara bikin blog

3. Kemudian masuk/login menggunakan akun email Anda beserta password Anda.

membuat blog

4. Setelah login, disana terdapat form data, isi sesuai dengan petunjuk.
5. Kemudian klik tanda panah bertuliskan “Lanjutkan” lalu klik "Blog Baru"

tutorial blogger

6. Lalu isi formulir blog yang ingin Anda buat pada form yang terdiri dari:
  • Judul: Isi dengan judul blog baru Anda
  • Alamat: Isi dengan alamat blog Anda, seperti blogsuperbee.blogspot.com
  • Template: Pilih tampilan blog sesuai dengan keinginan Anda. Saran saya pilih yang "Simple"

cara membuat blog

Setelah selesai, lanjutkan dengan mengklik "Buat blog"

7. Nah, sekarang blog baru Anda sudah selesai dibuat, agar blog Anda tidak dianggap spam oleh google, silahkan isi dengan beberapa artikel, maksimal 3 artikel dalam 1 hari. Untuk membuat artikel di blog silahkan lanjutkan membaca tutorial blog ini.

8. Klik "Mulai mengeposkan"

tutorial blog

9. Anda akan dibawa kehalaman untuk menulis artikel blog, pada form judu isi dengan judul artikel, dan pada kotak entri, tulis dengan artikel yang ingin Anda postkan di blog.

membuat blog gratis


10. Setelah tulisan Anda selesai, klik "pratinjau" untuk melihat hasil sementara, jika sudah sesuai maka klik "publikasikan"

Demikian tutorial cara membuat blog gratis yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Pastikan Anda terus mengunjungi blog super bee untuk mendapatkan panduan dan tutorial blogger terbaru. Agar Anda tidak ketinggalan artikel yang akan saya posting pada kesempatan berikutnya, silahkan berlangganan artikel via email gratis melalui form berlangganan dibawah ini, serta me-like fanpage facebook blog super bee untuk mengetahui update artikel di facebook.

Share, like and give G+1 this article :
Description: Tutorial Cara Membuat Blog Gratis, Rating: 5.0
Reviewer: An Nahal, ItemReviewed: Tutorial Cara Membuat Blog Gratis

Ingin Artikel dan Free Ebook dari Blog Super Bee langsung dikirim ke Email kamu? Buruan berlangganan... GRATIS...!!!
Caranya :
1. Masukkan Email kamu di kotak form berlangganan
2. Kemudian klik langganan
3. Lalau buka email kamu untuk konfirmasi berlangganan

Jumlah Pelanggan Artikel :

blogsuperbee

Comments
3 Comments

3 komentar:

  1. bagus sekali , selain informatif juga educatif skali. tentunya bisa buat panduan para blogger yang
    sudah mulai suka dg ngeblog...

    salam sukses
    hamam nasirudin
    http://www.formulabisnis.com/?id=obier
    info formula bisnis seputar bisnis online,usaha online,bisnis praktis,usaha rumahan,peluang usaha untuk anda

    BalasHapus
  2. Makasih tutorialnya, Sangat bermanfaat untuk memastikan apa yang telah saya lakukan sudah benar. kebetulan baru buat blog.

    BalasHapus
  3. Salam, tutorial yang mudah dipahami dan bermanfaat buat newbie seperti saya, terimakasih sudah share, salam sukses

    BalasHapus